Tips Memilih Smartphone/ Tablet Android Yang Berkualitas, Trendy dan Murah

<a href="http://trend-gadget.blogspot.com/2014/07/tips-memilih-smartphone-tablet-android.html">Tips Memilih Smartphone/ Tablet Android</a>

Tips memilih smartphone/ tablet android yang berkualitas, trendy dan murah dapat kita lihat dari beberapa aspek spesifikasi yang penting dan harus dimiliki pada smartphone/ tablet yang akan kita beli. Seperti versi sistem operasi android, prosesor, grafis/ GPU, jenis layar, ukuran layar, resolusi layar, tingkat kepadatan layar, memori internal maupun eksternal, kapasitas baterai dan harga jual kembali. Berikut ini tips/ cara memilih smartphone/ tablet android yang berkualitas bagus, trendy dan murah.

Memiliki smartphone/ ablet android trendy, berkualitas namun murah/ harga terjangkau membutuhkan kecermatan dalam melihat sisi spesifikasinya. Apalagi di jaman trend-gadget yang berbasis android seperti sekarang ini banyak sekali bermunculan gadget-gadget android baik dari lokal maupun multinasional di mana kesemuanya itu menawarkan berbagai spesifikasi dan harga yang berbeda-beda.
Memilih Android Kualitas Bagus murah

Bagi Anda yang ingin membeli smartphone, tablet ataupun phablet untuk pertama kalinya gak usah bingung, berikut ini hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli gadget yang Anda inginkan :

1. Versi Sistem Operasi Android

Sistem operasi android Jelly Bean telah menjadi trend dan digunakan pada kebanyakan gadget berbasis android. Meskipun telah muncul versi terbaru yaitu Android KitKat versi Android terbaru 4.4 dan sebentar lagi akan muncul juga versi Android "L", namun sistem operasi Jelly Bean masih cukup mendukung performa pada gadget yang memiliki spesifikasi yang tinggi untuk saat ini.

2. Kecepatan Prosesor Android

Prosesor pada sistem operasi berbasis android saat ini adalah berkecepatan lebih dari 1 Ghz. Bahkan trend-gadget saat ini ada yang sudah berkecepatan 2.2 Ghz pada dapur pacunya seperti Amazon Fire Phone.

3. Pengolah Grafis (GPU)

Pengolah grafis atau Graphic Processing Unit sering kali luput dari pengamatan kita. Padahal untuk kelancaran dalam bermain game 3 dimensi calon pengguna wajib memperhatikan pengolah grafis yang ada pada gadget yang akan dibelinya. Jika pengolah grafis tidak memadai maka akan terjadi "hang".

4. Jenis Layar

Saat ini layar jenis Amoled telah banyak diterapkan pada perangkat-perangkat gadget karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis layar LCD. Kelebihannya antara lain seperti tidak memerlukan lampu backlight dan memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi. Namun kualitas tampilan layar juga ditentukan oleh jenis/ merk gadget yang akan dibeli karena layar LCD juga memliliki tampilan yang semakin berkualitas. Fitur capacitive touchscreen juga menjadi faktor sensitivitas layar ketika disentuh.

5. Ukuran Layar

Pemilihan ukuran layar akan sangat tergantung pada kebutuhan calon pengguna dalam membeli sebuah gadget android. Jika untuk disimpan di kantong pilihlah layar dengan ukuran maksimal 4,5 inci. Namun untuk keperluan pekerjaan atau untuk kepuasan dalam tampilan layarnya pilihlah yang berukuran lebih dari 5 inci.

6. Teknologi Layar

Teknologi layar yang digunakan pada gadget android saat ini adalah teknologi IPS (In Plane Switching), yaitu teknologi LCD yang mampu membuat layar dapat dilihat dengan jelas dari sudut pandang manapun maupun saat di bawah paparan sinar matahari.

7. Resolusi Layar

Resolusi layar paling nyaman digunakan pada gadget saat ini adalah di atas 800 x 480 pixels. Lebih besar ukuran resolusi layar maka tampilan gambarnya juga lebih tajam. Ketajaman gambar tidak ditentukan oleh ukuran layar.

8. Tingkat Kepadatan Layar

Layar dengan resolusi besar akan semakin tajam jika gambar tampil pada layar dengan ukuran diagonal yang lebih kecil. Namun jika layar yang besar tersebut memiliki tingkat kepadatan layar/ pixel per inch (ppi) yang tinggi maka gambar akan tetap tampil maksimal.

9. Ruang Penyimpanan

Semakin besar ruang penyimpanan yang ditawarkan maka akan semakin bagus. Pada pertimbangan ini kita juga harus melihat pada seberapa besar memori internal yang tersedia dan yang digunakan untuk sistem apalagi gadget yang memiliki banyak fitur.

10. Random Acces Memory (RAM)

Semakin besar RAM maka semakin bagus performa pada gadget yang akan kita beli. Apalagi jika kita ingin membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Pilihlah gadget yang memiliki RAM lebih dari 1 GB atau minimal 1 GB.

11. Memori Eksternal

Jika ruang penyimpanan yang tersedia pada gadget yang akan kita beli sudah besar, katakanlah 64 GB, maka memori eksternal mungkin tidak begitu kita butuhkan lagi.

12. Kapasitas Baterai

Gadget dengan spesifikasi tinggi tanpa memiliki kapasitas baterai yang memadai akan mengganggu kenyamanan pengguna dalam menikmati fitur-fitur yang ditawarkan pada gadget tersebut. Pilihlah gadget dengan spesifikasi dan kapasitas baterai yang berimbang. Minimal pilihlah gadget yang berkapasitas baterai minimal 1.300 mAh.

13. Harga Jual Kembali

Kecuali Anda ingin membeli gadget untuk menambah daftar koleksi, maka pertimbangkan harga jual kembali pada gadget yang akan Anda beli jika sewaktu-waktu ingin mengikuti trend-gadget di masa mendatang.
Title: Tips Memilih Smartphone/ Tablet Android Yang Berkualitas, Trendy dan Murah; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5